Selamat Datang... Welcome...

Dapur Kue Ceria adalah sebuah "Online Cake Shop" yang bergerak dibidang pembuatan kue-kue, seperti cakes, cookies, tumpeng dan aneka snacks. Semuanya berdasarkan hobby dan kecintaan pemilik blog ini terhadap dunia masak-memasak atau baking sejak remaja sampai sekarang.

Walaupun masih dalam skala 'rumahan' tetapi kwalitas dan rasa serta penampilan produk-produk kami tidak kalah dengan Cake Shop yang sudah terkenal, karena dibuat hanya dengan bahan bermutu tinggi dan Insya Allah halal.

Bagi Anda yang membutuhkan bantuan kami untuk membuatkan kue-kue sesuai dengan thema yang Anda inginkan dan pastinya sesuai budget Anda, kami siap membantu.

Lokasi kami di Kebayoran Lama, Jakarta Barat, sehingga free ongkir wilayah sekitar Kebayoran Lama, Permata Hijau, Rawabelong, dan Palmerah. Utk wilayah lain ongkir sesuai harga dari kurir ya.

PENTING: Untuk pertanyaan mengenai harga, silahkan sms atau mengirim email pada kami pada nomor/email yang tertera pada blog ini. Mohon jangan meninggalkan pertanyaan pada posting karena kami tidak tahu bagaimana menghubungi anda kembali. Adakalanya karena padatnya produksi kami tidak bisa menjawab telpon Anda, silahkan kirimkan sms/email agar dapat kami hubung kembali. Untuk jawaban lebih cepat, silahkan sms untuk mendapatkan pin BB kami.

Terimakasih dan ditunggu orderannya ya.

Salam Ceria selalu!

Ratih Chandra Yudoatmodjo

Monday, June 28, 2010

Cake Khitanan untuk Nofal



Kue dengan thema Khitanan Ini aku buatin utk tetangga yang anaknya di khitan, karena aku harus ke luarkota dan gak bisa dateng di acaranya…

Kuenya simple banget, sponge coklat lapisannya ganache coklat dengan cover fondant dan figurine fondant. Buat figurin manusia biar tangan aku makin lentur mainan fondant.

Waktu buat mukanya anakku Farhan bilang “ Ma bang Opal kan mukanya ada tahilalatnya…” hehehe mama buatnya bang Opal mulus banget mukanya…

Karena keluarga Nofal asli Betawi, maka hiasannya aku sesuaikan pakai “Kembang Kelape” nya betawi.

Yang nerima seneng banget terima bingkisan ini… Alhamdulillah.

Cheddar Cheese Cake

Pesanan dari customer - seorang Bapak - yang minta dibuatin kue ueeeenak dengan bentuk hati... untuk dibagikan ke teman2 kantor dalam rangka ultah beliau. Nah ...karena beliau suka cheese.. aku buatin Cheese Cake resepnya Ci Shirley Theresia / Dapur Solia dari Milis NCC (Thanks ya Ci... setelah memperhatikan step by step cara pembuatannya...sekali bikin langsung sukses)

This is my very first Cheese Cake.... Alhamdulilah sukses, kuenya lembut n ngejuuuuu banget. Secara untuk Ultah dibuat topping rada ramean dikit...selain Filling Blueberry import, aku kasih Meringue .... tau kan meringue tuh adalah campuran putih telur dan gula yang dikocok sampe kaku sambil dimasak diatas kompor... hehe untung didekat kompor ada stop kontak... (meringuenya aku kasih Vanilla extract jadi gak berasa bau putih telurnya... yang ada wangiiii banget deh).

Trus finishingnya di blowtorch... alias di bakar.... (nyobain blowtorch baru hehehe) Hmmmm seketika ruangan berbau rada2 popcorn caramel favoritenya aku deh... XXI yuuuk... hayaaah ini udah jam 1.30 dini hari.... lagian td sore keasikan becanda sama si kecil... buat cakenya rada maleman deeh... Trus paginya sebelum diserah terimakan dikasih potongan Stawberry yang dikasih glaze clear jelly...

Begini nih penampilan kuenya di Om yang suka bentuk hati....

Met Ultah ya Oom... semoga panjang umur dan sukses selalu. Thanks orderannya.

Saturday, June 26, 2010

American Risoles Orderan Niken


American Risoles alias Amris ini pesanan Niken, yang 'ketagihan' sama Amris yang aku bawa waktu pengajian di rumahnya. Sekarang dia pesan 50 Pcs untuk arisan di RT siang ini. Sekalian lebihin buat jatah yang di rumah aaah .... Hmmm so yummy.... siapa sih yang nolak kalo disuguhi Risoles yang berisi Smoke Beef, Cheese, dan telur rebus plus mayonaise ini...


Snack Pesanan Mbak Tri

Ini repeat 0rder dari teman sekantor suamiku, katanya buat buah tangan seseorang yang special... hehehe banyak amir dweeeh Special One nya mbak Tri ini...

Pesanannya adalah Brownies in cup yang lembut, di topping blueberry dan Bolu Kukus Pandan.

Ini penampakannya:


Karena Mbak Tri ini kastemer setia aku, aku hadiahin icip2 kebetulan ada yang pesan Amris dengan Banana Cake...



Thanks orderannya ya Mbak Tri, ini bonus icip2nya, semoga suka... dan pesan lagi dan lagi hehehe

Friday, June 25, 2010

Banana Cake - Mbak Desy's Order


Ini adalah Banana Cake pesanan teman suamiku di bagian Accounting. Belio minta Banana Cake yang budgetnya sudah ditentukan oleh belio sendiri... Udah lama gak bikin Banana Cake, kebanyakan pesananku udah cake2 model baru... untungnya masih nyimpen resep Aneka Cake dari buku resep jadoelnya mama.... hehehe beginilah penampakannya... semoga suka yah.

Thursday, June 24, 2010

Chocolate & Cup Cakes dagangan Bazaar nya Kakak Farah

Hari pembagian raport di sekolah anakku Farah kali ini diramaikan dengan Pentas Kreasi Siswa (dalam rangka Ultah Jakarta) dan Bazaar...



Jadi tiap kelas berpartisipasi dalam Bazaar, nah ini dia penampilan "barang dagangannya" kakak Farah.

Chocolate Raisin Balls --- kebetulan banyak cake sisa carving... jadikan memanfaatkan bahan ini untuk bahan baku utamanya menggantikan biskuit marie. Setelah dicover dengan chocolate compound strawberry dan apple jadilah bola2 cantik ini. Lucunya pas saat pembuatan kemarin ada temannya kakak yang mau ikutan jualin juga... jadilah buat banyak-banyak dan di pak isi @4 Pcs. Alhamdulillah laku semua...



Cup Cake coverred with fondant --- berhubung masih ada fondant warna sisa Orderan Birthday Cake... jadi cupcakenya dibuat dengan dilapis fondant. dan toppernya dibuat berbentuk ice cream dan buterfly. Ini juga laku... abis lucu gambarnya... dan tentu enak rasanya.






Chocolate Stick with edible image --- ada beberapa gambar stock... sekalian deh cuci gudang... Alhamdulillah laku juga abis gambarnya lucu Doraemon dan Hello Kitty... kan lucu buat ngoleh2in adik kecil dirumah... Nah yang ini sisa 2 buah aja, buat temennya kakak yang nunggu stand... abis sih kakak kerjanya mondar mandir mentas nyanyi terus.... hehehe jadi banyakan temennya yang jaga meja...


Lumayan seru karena sekalian "cuci gudang" beberapa stock barang di kulkas yang cocok buat anak2...

Sunday, June 20, 2010

Pesanan Untuk Outbond ke Citarik - SMP 19 SBI

Alhamdulillah, hari ini mendapat kepercayaan membantu temen2 sesama panitia Outbond SMP 19 kelas 8 SBI untuk membuatkan snack untuk anak2 saat selesai Outbond bersama Arus Liar di Citarik... pastinya pada laper setelah permainan Tree ropes dihari pertama :)

Maka sesuai permintaan membuatkan snack manis dan asin yang cukup mengenyangkan, saya membuat 90 cheese muffin dan 90 brownies slice... seperti ini penampakannya heee

Cheese Muffin ini dibagian dalamnya ditabur potongan2 keju yang banyak sehingga tiap gigitan terasa banget kejunya...


Brownies ini ya andalan... kan resepnya di create sendiri... enak gak terlalu manis, moist dan nyoklaaat banget...



Buatnya cukup kejar tayang, karena bakul kuenya juga menjadi panitia, yang harus meeting sampai jam 5 sore, smentara kue2 harus dibawa pagi harinya jam 7 pagi ... tu.. wa... ga... harus semangat...

Selesai sudah pesanan kali ini, Alhamdulillah.... saat di area rafting... lega banget saat temenku di bagian konsumsi bisik2 bilang...eh anakku bilang kuenya enaak lho... Hehehe makasih...makasih.. Alhamdulillah.

Saturday, June 19, 2010

Wedding Anniversary Cake

Senangnya.... icip2 dikantor suami berbuahkan orderan...
Hari ini mengerjakan orderan dari teman sekantor suamiku, Mbak Tri namanya... beliau pesan kue untuk Wedding Anniversary calon mertuanya... hehehe calon menantu yang baik... semula Mbak Tri mau pesan kue bolu pandan dan brownies... tapi pas omong2 occasionnya koq gak nyambung... mending aja dibuat kue Cake yang bertema Wedding Anniversary.. dan Mbak Tri pun setuju, asal kuenya coklat...

Yang seru karena ternyata Mbak Tri cuma punya satu foto camernya, minta sama boyfriendnya pun sulit namanya juga buat surprise... ya terpaksanya tetap memakai foto yang agak nge blurr ini hikkks..... gak puas nih bakul kuenya niat hasil edible foto yang nggak tajem gini...

Mbak Tri pesan kue based coklat dan juga dengan topping coklat ganache... wah kudu masuk kulkas.... secara aku harus keluar kota Minggu pagi, rencana pengantaran kuepun dimajukan jadi Sabtu Malam, siang hari sms Mbak Tri, lalu di follow up dengan telpon, alternatif antar jam 5sore atau jam 9 malem - jam disepakati dianter jam 9 malem... okeh... okeh...sip.

Pas pesan edible di Tigerson, masih ada sisa bidang print, dan sama stafnya dibuatkan foto bapak ibu camernya mbak Tri dalam bentuk koin2... dan akhirnya aku buat sebagai penghias pinggiran kuenya...

Karena kuenya coklat jadi rada gelap gitu... dibuat ceria dengan bunga2an memakai fondan .. agar bisa dimakan juga... serta pita bertuliskan Wedding Anniversary juga warna cerah agar terlihat cantik...



Ternyata...oh ternyata... Mbak Tri waktu terima telponku dia lagi nyalon... jd gak denger... alhasil kue dianter jam 9 malem (lengkap dengan tatacara memperlakukan kue tersebut sampai saat pengantaran), dimana Mbak Tri masih diluar rumah... karena Mbak Tri pikir kue diantar jam 9 pagi.... jadinya kue terlambat masuk kulkas... denger cerita suamiku kue jadi sedikit meleleh karena telat masuk kulkas...hiiiks.......

Begini penampakan kue Wedding Anniversarynya camer Mbak Tri sesaat akan diantar.



Selamat ya Oom dan Tante... semoga bisa menjadi tauladan untuk putra/putrinya.. langgeng terus ... Amin. Untuk Mbak Tri, Thank You so much atas orderannya yaa... mohon maaf atas kekurangannya.

Monday, June 14, 2010

Bolu pandan dan brownies cup utk Arisan

Orderan kali ini datang dari Mbak Siska, yang minta dibuatkan kue-kue untuk arisan…. Pas Mbak Siska bilang bolu pandan… aku jd geli sendiri… ini udah ke lima kali Mbak Siska pesen bolu pandan…. Ternyata dia suka kue yang harum lembut ini…. Dan satunya lagi.. brownies cup yang aku hias pake gaya matahari gitu…. Pas jadinya lho koq jadi mirip2 ukiran Kalimantan/Dayak gitu …. Hehehe



Lucunya pas aku tanya “Mbak.. gak bosen bolu pandan mulu..?” dia jawab “Ini justru yang harus ada… temen2 suka…. Kemaren udah pesan sponsor minta bolu pandan” Hahaha…. Salam kompak buat temen2 Mbak Siska ya…. Ayooo pesen lagiiii biar dapurku tambah ceria lagi….

Sekalian bikin... aku lebihkan bahannya buat temen2 Pipu (panggilan sayang suami)... kemarin Pipu bilang.. " Ayoo dong bikinin tester buat teman2 kantorku...." dan disiapkanlah sekotak untuk temen2 Pipu

Siangnya sms Pipu bilang "Alhamdulillah temen2ku bilang enak..."


Friday, June 11, 2010

Snack Box Ceria untuk Anak Yatim

Pesanan dari Pak'E - salah seorang teman Facebookku. Beliau minta tolong dibuatkan 30 snack box untuk dikirimkan ke Masjid dekat kantornya - masjid dimana beliau biasa sholat.

Oooh ternyata Pak'E ingin berbagi dengan menyenangkan anak yatim tersebut terkait dengan hari jadi atau Ultah beliau.... sungguh tindakan yang mulia... jadi ikutan terharu nih...
Maka semangat berbagi pak'E ini pun didukung penuh oleh Dapur Kue Ceria... dengan kue2 yang khas kesukaan anak2 yaitu Cup Cake dengan topping Royal Icing, Puding Lechy Mickey, dan soes eclair chocolate glaze tabur sprinkle... yang Insya Allah menambah keceriaan....

Begini penampilan kue2nya:


Snack box ceria siap antar :D

Pak'E, selamat Ulang Tahun... semoga panjang umur, berkah sehat, sukses dan tambah rejekinya... Amin.

Wednesday, June 2, 2010

Bir Pletok - Traditional Recipe a Heritage from Betawi


Sore2 sms dari Farah, anakku tertua yang masih SMP... "Ma, besok harus bawa PR bir pletok..., aku harus bimbel.. gak keburu... mama tolong bikinin yaaa... pliiiis...."

Ya ampuuun nih anak kasih tau mendadak banget.... untung masih punya kayu secang... bahan baku utama Bir Pletok.... moga2 cukup.... membuat Bir Pletok pikiran jadi flash back... kangen masa SMA dimana aku seneng buat aneka minuman yang aneh2 buat teman2. Juga saat seleksi Abnon ditahun 87 yang mengharuskan aku mempelajari juga kuliner Betawi.... ah ... seru juga nostalgia...

Konon orang betawi tempo dulu menginginkan warna serupa bir yang diminum toean dan nyonya Belanda, makanya rebusan minuman ini ditambah kayu secang yang menberikan warna merah dan aroma yang khaaas....

Asal nama Bir Pletok juga gak kalah seru, karena orang Betawi ingin juga merasakan minuman yang’berbusa’ seperti layaknya Bir beneran… gak kurang akal minuman ini dimasukkan ke botol kaleng (sekarang alat shaker kali ya) bareng2 dgn es batu… kocok keras dan langsung terdengar bunyi pletak pletok… dimana itu asal mula dinamakan Bir pletok… Pas dituang ke gelas pastilah berbusa…dan dinginnya es terasa nikmat tiada taranya…


Naaah ......... kaaaaaan........ menghayal segarnya Bir Pletok yang dijamin Halal ini....Yuuk bikin.....

Pertama kita siapin bahan2nya dulu:


Bahan:

250 gr jahe, kupas lalu iris tipis

600 gr gula jawa

3 btg serei, memarkan

5 lbr daun pandan, potong ±5 cm

10 lbr daun jeruk purut

6 butir cengkeh

10 cm kayu manis

1 biji pala, dibelah 4

10 cm kayu secang, kalau ada

2½ liter air


Cara Pembuatan:

Campur semua bahan, kemudian rebus sampai mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api dan rebus kembali kurang lebih 30 menit. Angkat dan saring. Hasil saringan akan berupa cairan kental seperti sirup. Cara penyajiannya campur lagi dengan air hangat sesuai selera. Atau kocok di shaker dengan menambahkan es batu. Trara..... jadi deeeh.

..... dan besoknya Farah bilang "Maa cuman dapet 8, abis kata bu guru .. dia mau yang bau pandannya berasa, bukan secangnya..." Lha???? bukannya bahan baku utama Bir Pletok mmg kayu secang??? " sayangku... mungkin bu guru minta syrop pandan..." Wkwkwk....