Selamat Datang... Welcome...

Dapur Kue Ceria adalah sebuah "Online Cake Shop" yang bergerak dibidang pembuatan kue-kue, seperti cakes, cookies, tumpeng dan aneka snacks. Semuanya berdasarkan hobby dan kecintaan pemilik blog ini terhadap dunia masak-memasak atau baking sejak remaja sampai sekarang.

Walaupun masih dalam skala 'rumahan' tetapi kwalitas dan rasa serta penampilan produk-produk kami tidak kalah dengan Cake Shop yang sudah terkenal, karena dibuat hanya dengan bahan bermutu tinggi dan Insya Allah halal.

Bagi Anda yang membutuhkan bantuan kami untuk membuatkan kue-kue sesuai dengan thema yang Anda inginkan dan pastinya sesuai budget Anda, kami siap membantu.

Lokasi kami di Kebayoran Lama, Jakarta Barat, sehingga free ongkir wilayah sekitar Kebayoran Lama, Permata Hijau, Rawabelong, dan Palmerah. Utk wilayah lain ongkir sesuai harga dari kurir ya.

PENTING: Untuk pertanyaan mengenai harga, silahkan sms atau mengirim email pada kami pada nomor/email yang tertera pada blog ini. Mohon jangan meninggalkan pertanyaan pada posting karena kami tidak tahu bagaimana menghubungi anda kembali. Adakalanya karena padatnya produksi kami tidak bisa menjawab telpon Anda, silahkan kirimkan sms/email agar dapat kami hubungi kembali.

Terimakasih dan ditunggu orderannya ya.

Salam Ceria selalu!

Ratih Sabaranti Yudoatmodjo

Friday, September 30, 2011

KBB#25 - Devonshire 'Birthday Party' Tea


Tantangan dari Klub Berani Baking kali ini adalah dalam rangka merayakan Ulang Tahun ke 4 Klub Berani Baking, dengan cara nge-teh bareng dengan tatacara khas Inggris... Berikut cuplikan dari Juklak yang diberikan oleh Host...

Devonshire tea
adalah sebuah sajian minum teh khas Inggris yang konon berasal dari daerah Devon, dimana scones disajikan bersama clotted cream dan selai. Clotted cream merupakan krim kental yang kandungan lemaknya sangat tinggi, sehingga tidak banyak dikonsumsi.

Scones berasal dari kata sconbrot, merupakan ‘roti’ khas Skotlandia yang pada akhirnya diadaptasi oleh masyarakat Inggris menjadi makanan khas Inggris yang pembuatannya hanya meliputi tiga bahan utama: tepung, mentega dan susu. Tekstur scones haruslah ringan, dan tidak berat dan tidak basah seperti brownies, dengan demikian baking powder banyak digunakan sebagai bahan pengembang.

Rasa scones bermacam-macam, namun secara tradisional, scones disajikan plain dan tidak memakai banyak gula. Selain itu, scones populer dipanggang bersama cincangan kurma, kismis, sultanas, atau currants.


Saya memilih untuk memakai resep dasar yang diberikan Host dan disesuaikan dengan bahan yang ada dirumah:

Resep Scones

Sumber: Edmonds Cookery Book, NZ.

Untuk 12 potong


Bahan-bahan:

3 cups tepung terigu -- saya memakai Self-raising flour

6 sdt baking powder

¼ sdt garam

75g mentega

1 - 11/2 cup susu segar - saya memakai 1 cup susu UHT

ekstra susu

Cara membuat:

Ayak tepung, baking powder, dan garam ke dalam mangkuk.

Masukkan mentega dan remas hingga berbulir2 seperti remah roti.

Tambahkan susu dan aduk cepat menggunakan pisau sampai adonan lembut.

Gilas beberapa kali.

Tabur tepung sedikit ke atas baking tray.

Letakkan dan tekan-tekan adonan scones di atas baking tray.

Iris 12 potongan yg sama. Sisakan jarak 2cm antara satu scones dengan yang lainnya. Olesi susu segar di atas scones. Panggang dengan oven 220C selama 10 menit atau hingga matang kecoklatan.

Clotted Cream (cara saya :p)

200 gram whipped cream yang telah dikocok kaku

150 gram keju cheddar parut

50ml susu UHT

Cara membuatnya: Tim cheddar cheese parut dengan susu UHT. Kemudian, semua bahan dikocok sampai tercampur rata.

Hip... Hip... Hurray.... Semoga Klub Berani Baking semakin eksis dan maju terus... Amin





No comments:

Post a Comment