Selamat Datang... Welcome...

Dapur Kue Ceria adalah sebuah "Online Cake Shop" yang bergerak dibidang pembuatan kue-kue, seperti cakes, cookies, tumpeng dan aneka snacks. Semuanya berdasarkan hobby dan kecintaan pemilik blog ini terhadap dunia masak-memasak atau baking sejak remaja sampai sekarang.

Walaupun masih dalam skala 'rumahan' tetapi kwalitas dan rasa serta penampilan produk-produk kami tidak kalah dengan Cake Shop yang sudah terkenal, karena dibuat hanya dengan bahan bermutu tinggi dan Insya Allah halal.

Bagi Anda yang membutuhkan bantuan kami untuk membuatkan kue-kue sesuai dengan thema yang Anda inginkan dan pastinya sesuai budget Anda, kami siap membantu.

Lokasi kami di Kebayoran Lama, Jakarta Barat, sehingga free ongkir wilayah sekitar Kebayoran Lama, Permata Hijau, Rawabelong, dan Palmerah. Utk wilayah lain ongkir sesuai harga dari kurir ya.

PENTING: Untuk pertanyaan mengenai harga, silahkan sms atau mengirim email pada kami pada nomor/email yang tertera pada blog ini. Mohon jangan meninggalkan pertanyaan pada posting karena kami tidak tahu bagaimana menghubungi anda kembali. Adakalanya karena padatnya produksi kami tidak bisa menjawab telpon Anda, silahkan kirimkan sms/email agar dapat kami hubungi kembali.

Terimakasih dan ditunggu orderannya ya.

Salam Ceria selalu!

Ratih Sabaranti Yudoatmodjo

Sunday, March 27, 2011

KBB#22: Made in Indonesia plus Spun Sugar - Banana & Cheese Cake


Alhamdulillah, hari ini berhasil membuat Spun Sugar yang merupakan tantangan Pracoba untuk persyaratan membership di KBB :D senangnya!!!!.

Oh ya, apa sih Spun Sugar alias Angel Hair? memang tidak familiar ya... nah kalo aku sebut itu tuh Rambut Nenek yang biasa warnanya nge-pink dijepit sama krupuk bulat yang nempel di bibir kalo pas dimakan .... pasti deeh semua manggut2 dan bilang "Oooooh" qiqiqiqiqi...

Beberapa kali mencoba, gagal maning, sementara waktu gak banyak karena harus dibagi dengan kerjaan nyiapin Yearbook Sekolahnya si kakak Farah... belom lagi nemenin dia belajar karena udah mau ujian akhir di SMP .... doooh nyaris frustasi!!!

Sabtu kemaren dengan tekat nggak boleh gagal lagi mulai dengan membuat kuenya dulu, yaitu Banana & Cheese Cake, gampang dan tentunya enak juga memenuhi persyaratan karena di bake!

Aku pilih resep yang ada buah (pisang biar rasanya Indonesia banget gituu loh), keju dan susu (tambahan) biar gizinya pool -- buat tambahan makanan bergizi bagi anakku yang lagi focus belajar dan sebentar-sebentar laper nanyain makanan...


Ini resepnya yaa:

Banana & Cheese Cake
Sumber: Buku Seri Masak femina PRIMARASA - Cake Istimewa Semua Yummy - Page 8
Modified by Ratih Chandra, www.dapurkueceria.blogspot.com


Bahan:
Kertas Roti - aku pake kertas parchment
Margarin untuk olesan - aku pake carlo

Cake:150 gr tepung terigu -- aku pake 125 terigu segitiga dan 25 gr susu
1 sdt baking powder -- aku nggak pake, tapi aku ganti jd 20 gr emulsifier
50 gr keju cheddar, parut
10 buah pisang raja -- aku pake 4 buah pisang ambon dikerok dan 5 pisang tanduk dipotong2
7 potong keju lembaran
10 kuning telur
2 putih telur
1 sdt vanili bubuk -- aku pake 1 sdt vanili extract
100 gr gula kastor
100 gr mentega, lelehkan

Olesan dan taburan
25 gr mentega/margarin, untuk olesan -- aku pakai 50 gr whipped cream
50 gr keju parut, untuk taburan

Cara membuat:



  1. Alasi dasar loyang persegi ukuran 22 x 22 x 5 cm dgn kertas roti, olesi permukaannya dengan marganin. Panaskan oven pada suhu 180 der celcius
  2. Cake: Ayak tepung terigu, susu dan baking powder (aku gak pake). Tambahkan keju parut, aduk rata dan sisihkan. Kupas 4 buah pisang, haluskan dengan garpu atau sendok, sisihkan. Ambil sisa pisang, belah dua memanjang, lalu potong melintang menjadi 2 - 3 bagian (tergantung panjang pisang). Atur potongan pisang di dasar loyang hingga menutupi seluruh dasar loyang, beri jarak 1 cm dari tepi. Tutup atasnya dengan keju lembaran sisihkan. -- Aku memakai 5 pisang tanduk yang dibelah dua memanjang lalu potong sepanjang 4 cm.
  3. Taruh kuning telur, putih telur, emulsifier dan vanili dalam wadah, kocok dengan kecepatan sedang sampai berbusa. Sambil tetap dikocok masukkan gula dalam beberapa tahapan. Kocok hingga kental dan mengembang, angkat mixer, masukkan campuran terigu dalam 2 - 3 tahapan, aduk rata. Sambil tetap diaduk, masukkan pisang lumat lalu tambahkan mentega leleh pada pinggir mangkuk, aduk rata. -- Aku memakai metode pengocokan sponge cake biasa sampai jambul petruk, lalu masukan pisang lumat dan mentega cair, aduk balik.
  4. Perlahan-lahan tuang adonan ke dalam loyang, agar susunan pisang tidak bergeser. masukkan dalam oven, panggang hingga matang (+/- 60 menit). Keluarkan kue dari oven, biarkan sebentar supaya agak dingin.
  5. Balikkan loyang di talenan, sehingga pisang dan keju ada diatas. Lepaskan kertas roti. Iris pinggiran kue agar rapi dan keju yang mengeras terbuang. Olesi permukaannya dengan mentega/margarin, taburi atasnya dengan keju parut. potong-potong ukuran 3 x 6 cm.
Yang jelas kuenya sih gak sulit2 amat buatnya... Nah kemaren percobaan ke empat belum berhasil keluar tuh Angel Hair ... hampir abis gula sekilo huaaaaa..... udah istirahat dulu menenangkan diri lagi, liat2 youtube lagi. Kuenya segera diselamatkan masuk kulkas sebagian biar hari ini tinggal nyoba spun sugar.

Nah sekarang ini adalah tantangan aslinya ... aku baru berhasil di percobaan ke lima saudara-saudara!

Spun Sugar/Angel Hair

Ini berdasarkan hasil praktek yaa... tahap step by stepnya ada di foto dibawah ini.



Bahan: 1 1/4 cup gula castor dan 1 cup air matang

Siapkan arena perang.... ya tebarkan koran bekas cukup banyak, karena akan lengket dan mengundang semut!! Belajar dari pengalaman, akhirnya tadi siang aku buatnya di halaman biar gampang bersih2nya...tinggal siram!

Jadi:
  1. Tebarkan koran banyak2
  2. Siapkan meja kerja
  3. Letakkan 2 buah penggaris 30 cm diatas meja, lekatkan dengan cellotape besar ke atas meja.
  4. Badan penggaris di olesi minyak biar gampang memindahkan spun sugarnya.
  5. Siapkan dua buah garpu yang disilangkan gigi2nya, aku coba cara yang garpu back to back gak berhasil...

Cara:
  1. Campur semua bahan, masak dengan api sedang.
  2. Goyang2 pancinya (pegang pegangan pancinya) beberapa kali tp jangan diaduk pake sendok.
  3. Biarkan mengental, sampai berwarna kuning keemasan/caramel.
  4. Test dengan meneteskan cairan gula ke air es, jika langsung beku/hard crack artinya larutan siap di buat spun sugar.
  5. Ada metode yang harus mencelup panci ke air es tapi aku tidak berhasil dgn cara tersebut karena caramelnya langsung beku sulit diaduk, jadi caramel aku dinginkan dengan mengangkat panci dari api dan diamkan sebentar sambil diaduk untuk membuang uap panasnya sebentar saja.
  6. Celup garpu di larutan caramel tersebut agar cukup cairan yang menempel di garpu, sapukan keudara diantara dua penggaris, kibaskan dengan cepat -- maka akan terbentuk helaian rambut ... ini yang namanya Spun Sugar/Angel Hair.
Legaaaa banget sudah menyelesaikan tantangan Pracoba KBB #22 ini dan mendapatkan logo Lulus ... Yippieeeee! **joget2 bareng si Mbak**

2 comments:

  1. *ikutan joget2 hihihihi
    well done ya!

    ReplyDelete
  2. Hehehe Mbak Arfi, terimakasih banyak...
    Terimakasih juga sudah diterima menjadi warga Klub Berani Baking.

    ReplyDelete