Selamat Datang... Welcome...

Dapur Kue Ceria adalah sebuah "Online Cake Shop" yang bergerak dibidang pembuatan kue-kue, seperti cakes, cookies, tumpeng dan aneka snacks. Semuanya berdasarkan hobby dan kecintaan pemilik blog ini terhadap dunia masak-memasak atau baking sejak remaja sampai sekarang.

Walaupun masih dalam skala 'rumahan' tetapi kwalitas dan rasa serta penampilan produk-produk kami tidak kalah dengan Cake Shop yang sudah terkenal, karena dibuat hanya dengan bahan bermutu tinggi dan Insya Allah halal.

Bagi Anda yang membutuhkan bantuan kami untuk membuatkan kue-kue sesuai dengan thema yang Anda inginkan dan pastinya sesuai budget Anda, kami siap membantu.

Lokasi kami di Kebayoran Lama, Jakarta Barat, sehingga free ongkir wilayah sekitar Kebayoran Lama, Permata Hijau, Rawabelong, dan Palmerah. Utk wilayah lain ongkir sesuai harga dari kurir ya.

PENTING: Untuk pertanyaan mengenai harga, silahkan sms atau mengirim email pada kami pada nomor/email yang tertera pada blog ini. Mohon jangan meninggalkan pertanyaan pada posting karena kami tidak tahu bagaimana menghubungi anda kembali. Adakalanya karena padatnya produksi kami tidak bisa menjawab telpon Anda, silahkan kirimkan sms/email agar dapat kami hubungi kembali.

Terimakasih dan ditunggu orderannya ya.

Salam Ceria selalu!

Ratih Sabaranti Yudoatmodjo

Tuesday, May 31, 2011

KBB#23: Cheesy Fun - Lemon Cheese Cake


Alhamdulillah, walaupun dengan langkah tergesa2 dan nafas ngos2an, tantangan Pra Baking ke dua ini dapat aku selesaikan dengan baik.

Sebenarnya tantangannya Tidak sesulit tantanggan KBB #22, hanya saja tantangan sesungguhnya adalah membagi waktu dengan masa-masa pendaftaran sekolah kedua anakku, ditambah lagi pesanan kastemer.... wah seru deh. Maaf ya Host KBB kali ini daku telat nyetornya.

Aku tidak banyak memodifikasi resep yang diberikan host, bahan utamanya yang berupa dua macam Keju (Ricotta dan Mascarpone) aku pakai sesuai resep, karena aku ingin mendapatkan rasa yang tidak jauh dari yang diresepkan. Hanya saja bahan lain aku pakai sesuai dengan stock yang ada dirumah, mengingat keterbatasan waktu.

Ini resep yang diberikan host dan bahan2 yang aku subtitusi:

Lemon Cheesecake , Sumber: Successful Baking

Bahan-bahan :

Untuk 8-10 porsi


¼ cup port ----- (*sejenis wine - bisa diganti) – aku ganti dengan ¼ cup orange juice

¼ cup orange juice

75g sultanas – aku ganti dengan kismis

150g mascarpone

400g ricotta

125g gula kastor

2 btr telur, pisahkan kuning dan putihnya

3 buah lemon, parut kulitnya

60g tepung terigu

80g manisan apricot, iris tipis – aku memakai apricot kalengan yang dicincang halus

Crust:


30g mentega tawar – aku pakai blueband margarine

185g kacang2an, haluskan - pertama aku memakai kacang kenari utuh ternyata pas di blender hasilnya ‘ndompol’ (duh apa ya bahasa indonesianya), akhirnya aku ganti dengan kacang tanah.

8 sdt gula kastor – aku pakai gula pasir biasa

4 sdt dark brown sugar – aku pakai palm sugar

½ sdt bubuk kayu manis – aku skip, karena orang2 dirumah nggak suka

¼ sdt bubuk mixed spice – gak pakai

Cara Membuat:



Panaskan oven 170C. Siapkan loyang ukuran 23cm, olesi dasar dan sisi2 loyang dengan mentega leleh. Alasi dasar loyang dengan baking paper, lalu olesi mentega leleh. – Aku memakai Loyang mini pie, dapat 8 buah kue (dikit banget yaaa)

Panasi orange juice, dan Kismis di dalam panci selama 5 menit. Angkat dari api, tutup dan biarkan selama 15 menit.

Crust: panaskan mentega hingga leleh, masukkan kacang2an, semua gula dan rempah-rempah; aduk rata. Letakkan di dasar dan sisi loyang, tekan-tekan supaya padat dan melekat.

Cake: Kocok mascarpone dan ricotta hingga lembut, lalu masukkan gula, kuning telur dan parutan kulit jeruk, lalu masukkan tepung, aduk hingga rata dan lembut. Masukkan campuran juice, kismis dan apricots.

Kocok putih telur di dalam mangkuk yang bersih dan bebas lemak hingga soft peaks. Masukkan putih telur kocok ke dalam campuran keju. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya.

Letakkan loyang ke atas loyang oven/loyang biscuit (oven tray/baking tray), panggang selama 1 jam, atau hingga permukaan cheesecake set tengah2nya dan berwarna emas kecoklatan di sekelilingnya. Matikan oven. Biarkan cheesecake di dalam oven dengan pintu dibuka sedikit selama 50-60 menit.

Keluarkan cheesecake dari oven. Gunakan pisau tumpul secara perlahan ke sekeliling cheesecake, lalu biarkan hingga betul2 dingin. Keluarkan cheesecake dari loyang dan dinginkan dalam kulkas selama 2 jam sebelum disajikan.

Tips: olesi mentega leleh ke sekeliling loyang agak tebal sehingga crust kacang akan terbalut secara merata.

Hasilnya memang berbeda dari jenis Cheese Cake lembut dan creamy yang biasa aku buat (Japanese Cheese Cake dan Cheddar Cheese Cake), karena hasilnya agak padat sampai2 anakku bilang mirip puding roti **huaaaa....gubraks! bahannya mahal nih naak** . Ternyata jenis Cheese Cake ini kurang mengena di selera orang rumahku hehehe... Tapi ya memang sesuai komen dari host cake ini cocok dimakan bersama expesso coffee, pasti tambah maknyuss.


Memang pada saat pemanggangan cakenya naik cukup 'promising' tapi setelah dingin cakenya akan turun, jadilah bagian tengahnya 'cekung' begitu... entah apakah aku salah mengolahnya?


2 comments:

  1. numpang baca-baca resep mbak...

    http://templatemanis.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Silahkan mas... Terimakasih sudah mampir :D

    ReplyDelete