Selamat Datang... Welcome...

Dapur Kue Ceria adalah sebuah "Online Cake Shop" yang bergerak dibidang pembuatan kue-kue, seperti cakes, cookies, tumpeng dan aneka snacks. Semuanya berdasarkan hobby dan kecintaan pemilik blog ini terhadap dunia masak-memasak atau baking sejak remaja sampai sekarang.

Walaupun masih dalam skala 'rumahan' tetapi kwalitas dan rasa serta penampilan produk-produk kami tidak kalah dengan Cake Shop yang sudah terkenal, karena dibuat hanya dengan bahan bermutu tinggi dan Insya Allah halal.

Bagi Anda yang membutuhkan bantuan kami untuk membuatkan kue-kue sesuai dengan thema yang Anda inginkan dan pastinya sesuai budget Anda, kami siap membantu.

Lokasi kami di Kebayoran Lama, Jakarta Barat, sehingga free ongkir wilayah sekitar Kebayoran Lama, Permata Hijau, Rawabelong, dan Palmerah. Utk wilayah lain ongkir sesuai harga dari kurir ya.

PENTING: Untuk pertanyaan mengenai harga, silahkan sms atau mengirim email pada kami pada nomor/email yang tertera pada blog ini. Mohon jangan meninggalkan pertanyaan pada posting karena kami tidak tahu bagaimana menghubungi anda kembali. Adakalanya karena padatnya produksi kami tidak bisa menjawab telpon Anda, silahkan kirimkan sms/email agar dapat kami hubungi kembali.

Terimakasih dan ditunggu orderannya ya.

Salam Ceria selalu!

Ratih Sabaranti Yudoatmodjo

Wednesday, June 2, 2010

Bir Pletok - Traditional Recipe a Heritage from Betawi


Sore2 sms dari Farah, anakku tertua yang masih SMP... "Ma, besok harus bawa PR bir pletok..., aku harus bimbel.. gak keburu... mama tolong bikinin yaaa... pliiiis...."

Ya ampuuun nih anak kasih tau mendadak banget.... untung masih punya kayu secang... bahan baku utama Bir Pletok.... moga2 cukup.... membuat Bir Pletok pikiran jadi flash back... kangen masa SMA dimana aku seneng buat aneka minuman yang aneh2 buat teman2. Juga saat seleksi Abnon ditahun 87 yang mengharuskan aku mempelajari juga kuliner Betawi.... ah ... seru juga nostalgia...

Konon orang betawi tempo dulu menginginkan warna serupa bir yang diminum toean dan nyonya Belanda, makanya rebusan minuman ini ditambah kayu secang yang menberikan warna merah dan aroma yang khaaas....

Asal nama Bir Pletok juga gak kalah seru, karena orang Betawi ingin juga merasakan minuman yang’berbusa’ seperti layaknya Bir beneran… gak kurang akal minuman ini dimasukkan ke botol kaleng (sekarang alat shaker kali ya) bareng2 dgn es batu… kocok keras dan langsung terdengar bunyi pletak pletok… dimana itu asal mula dinamakan Bir pletok… Pas dituang ke gelas pastilah berbusa…dan dinginnya es terasa nikmat tiada taranya…


Naaah ......... kaaaaaan........ menghayal segarnya Bir Pletok yang dijamin Halal ini....Yuuk bikin.....

Pertama kita siapin bahan2nya dulu:


Bahan:

250 gr jahe, kupas lalu iris tipis

600 gr gula jawa

3 btg serei, memarkan

5 lbr daun pandan, potong ±5 cm

10 lbr daun jeruk purut

6 butir cengkeh

10 cm kayu manis

1 biji pala, dibelah 4

10 cm kayu secang, kalau ada

2½ liter air


Cara Pembuatan:

Campur semua bahan, kemudian rebus sampai mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api dan rebus kembali kurang lebih 30 menit. Angkat dan saring. Hasil saringan akan berupa cairan kental seperti sirup. Cara penyajiannya campur lagi dengan air hangat sesuai selera. Atau kocok di shaker dengan menambahkan es batu. Trara..... jadi deeeh.

..... dan besoknya Farah bilang "Maa cuman dapet 8, abis kata bu guru .. dia mau yang bau pandannya berasa, bukan secangnya..." Lha???? bukannya bahan baku utama Bir Pletok mmg kayu secang??? " sayangku... mungkin bu guru minta syrop pandan..." Wkwkwk....

No comments:

Post a Comment